-->

MENGENAL TOOLS ADOBE PHOTOSHOP

Tools adalah alat yang akan membantu kita dalam bekerja saat mengedit sebuah foto, tools ini tersedia dalam jumlah yang banyak dan mempunyai fungsinya masing-masing sehingga kita akan makin mudah dalam melakukan proses editing.

Pengenalan tools adobe photoshop ini bertujuan supaya setiap orang yang belajar di blog ini bisa paham tetang semua alat yang tersedia di photoshop, pengenalan mendasar tentang sebuah software editing foto merupakan hal yang cukup penting

dikarenakan ketika nantinya masuk ke pengeditan yang lebih sulit, akan terbantu dengan sudah hafal serta pasih pada display dan navigasi tool yang tersedia di adobe photoshop.

Dalam Pengeditan sebuah foto, kita akan membutuhkan tools atau alat yang dibutuhkan untuk menghasilkan hasil editan yang bagus. Kalian bayangkan jika seorang pelukis tidak mempunyai kuas dan cat lukis.

Maka akan sulit baginya untuk membuat sebuah lukisan, apabila alat yang diperlukan sudah tersedia dengan lengkap maka si pelukis pun akan bisa menghasilkan gambar yang bagus dan sempurna.

Dalam dunia editing foto kita bisa dengan bebas mengedit foto dan memanipulasinya hingga menjadi seperti apa yang kita inginkan, misalkan kita mengambil sebuah foto dengan menggunakan kamera smartphone

tentu hasilnya tidak akan sebokeh hasil jepretan kamera dslr. Nah dengan adanya tool atau alat yang disediakan di photoshop ini akan membuat kita bisa memanipulasi foto hasil jepretan smartphone menjadi seperti hasil jepretan kamera dslr.

Berikut dibawah ini adalah beberapa contoh tools yang tersedia di software adobe photoshop :

   Baca Juga :
      Cara cepat isi daya baterai smartphone.   
      Aplikasi blur foto terbaik
      Emulator pack untuk android

1. Move Tool
Move tool menjadi alat pertama dan ada diposisi paling atas di sebelah kiri, move tool ini mempunyai fungsi yang banyak, salah satunya adalah memindahkan posisi foto, pada pengeditan foto tentu kita akan membuat perbedaan dengan foto originalnya.

Biasanya saat melakukan pengeditan manipulasi foto kita akan merubah sebuah posisi gambar pada layer, nah disini move tool ini bisa kita pergunakan untuk memindahkan atau merubah posisi sebuah gambar pada foto.

Selain itu move tool juga berperan penting dalam pengeditan dua foto berbeda yang akan disatukan menjadi sebuah foto atau gambar yang menjadi satu. Move tool bisa kita manfaatkan untuk menarik gambar/foto dari satu halaman kerja ke halaman kerja yang lain.

2.  Quick Selection Tool
Tool ini berfungsi untuk memberi garis seleksi pada derah yang sudah kita tentukan dengan cepat, dengan menggunakan quick selection tool ini kita bisa menentukan gambar yang ingin kita seleksi, baik itu foreground atau background.

Gambar yang sudah kita seleksi dengan menggunakan quick selection tool ini bisa kita hapus atau kita manipulasi tanpa menganggu daerah yang tidak terseleksi oleh garis dari quick selection tool.

3. Croop Tool
Croop tool berfungsi untuk memotong foto sesuai dengan ukuran yang kita inginkan, dalam mode croop tool ini kita bisa memilih metode mana yang ingin kita gunakan saat memotong sebuah gambar atau foto.

Beberapa metode croop tool diantaranya unconstrained, original ratio, square dan lain-lain, untuk lebih jelasnya akan saya perjelas pada artikel terkait crooping.

4. Eraser Tool
Eraser tool berfungsi untuk menghapus gambar pada lembar kerja atau pada layer yang ada disebelah kanan bawah, ada tiga metode penghapusan dasar pada photoshop yaitu menghapus biasa menggunakan eraser tool, metode kedua adalah

background eraser tool, berfungsi untuk menghapus bagian belakang tanpa menghapus bagian depan pada foto, untuk lebih jelasnya akan saya jelaskan pada artikel berikutnya nya, metode ketiga adalah magic eraser tool, metode ini berfungsi

untuk mempercepat penghapusan dengan mengakumulasi warna atau objek yang ada pada gambar/foto yang akan kita hapus, contohnya jika ada dua warna pada sebuah foto seperti hitam dan biru, ketika kita menghapus bagian yang berwana hitam maka bagian dengan warna biru tidak akan ikut terhapus.

5. Horizontal Type Tool
Fungsi dari tool ini lebih ke membuat text pada foto yang akan kita edit, sama seperti pada software microsoft word, tool pembuat teks ini bisa kita buat menjadi rata kiri, rata kanan, rata tengah dan koran.

Jika teks yang kita gunakan mempunyai gaya bold dan italic, maka bisa kita gunakan untuk mempertebal dan membuat miring teks yang kita buat. Untuk jenis tulisan atau font nya bisa kita download di google dan tinggal instal pada pc atau laptop kita,

secara otomatis font yang kita instal akan ada di adobe photoshop dan bisa kita gunakan untuk membuat tulisa dengan gaya serta tampilan yang menarik.

Tools yang saya sebutkan diatas hanya lima dari banyaknya tool yang tersedia pada software adobe photoshop, untuk tools selanjutnya akan saya jelaskan pada artikel selanjutnya ya.

0 Response to "MENGENAL TOOLS ADOBE PHOTOSHOP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel