-->

KULIT LEHER HITAM DAN TEBAL BISA JADI TANDA PENYAKIT SERIUS

ikangs.blogspot.com KULIT LEHER HITAM DAN TEBAL BISA JADI TANDA  PENYAKIT SERIUS
Banyak dari kita yang menganggap sepele akan adanya warna hitam yang terus menebal pada kulit leher bagian belakang, seringkali kita hanya menilai kalau orang yang memiliki warna hitam pada kulit leher bagian belakang itu hanya kurang bersih saat mandi.

Sebenarnya kulit leher bagian belakang yang menghitam itu ada beberapa faktor contohnya kurang bersih saat mandi, suka beraktifitas ditengah terik matahari dan penyakit yang memang tidak sadari.

Nah bagi orang yang merasa mandinya sudah bersih dan tidak suka beraktifitas dibawah terik matahari, mungkin ini adalah sebuah warning atau peringatan bahwa sebenarnya ada penyakit serius yang terendap di dalam tubuh. Dalam istilah medisnya, leher yang menghitam juga disebut dengan istilah acanthrosis nigricans (AN).

Kondisi ini akan menyebabkan kulit menjadi lebih gelap dan menebal hingga terasa berteksture, Penyakit ini (AN) juga muncul pada bagian tubuh lain seperti pangkal paha dan ketiak, namun acanthrosis nigricans ini lebih sering muncul pada bagian leher.

Penyebab acanthrosis nigricans ini bisa juga berhubungan dengan kadar insulin dalam tubuh, kondisini tidak melihat jenjang usia, anak-anak dan dewasa pun bisa saja terkena dengan penyakit ini, jadi apabila anda dan anak anda memiliki tanda hitam pada kulit leher bagian belakang mungkin saja kadar gula pada tubuh anda terhitung cukup tinggi.

Selain itu, tanda hitam dan tebal pada kulit leher bagian belakang juga menunjukan berbagai kondisi, misalnya :

1. Gangguan hormonal
AN juga bisa terjadi karena hormon dalam tubuh yang kurang seimbang. Produksi hormon yang kurang atau lebih (tidak seimbang) bisa menyebabkan penebalan kulit hingga menjadi berwarna hitam dan tebal.

2. Sindrom Cushing
Sindrom ini biasanya dialami oleh penggunaan obat kortikosteroid dalam jumlah yang banyak sehingga menyebabkan hormon kortisol menjadi lebih tinggi, sindrom ini di barengi dengan munculnya stretch mark, penambahan berat badan signifikan, darah tinggi dan mudah lelah.

3. Kegemukan
Jika diperhatikan dengan seksama, orang yang memiliki kondisi (AN) ini biasanya memiliki berat badan yang berlebih atau obesitas, dengan tanda ini seharusnya sudah menjadi peringatan bagi pengidap kondisi (AN) untuk mulai mengurangi berat badan sehingga memperkecil kemungkinan untuk mengidap kondisi acanthrosis nigricans (AN).

   Baca Juga :

Tidak semua kondisi kulit leher berwarna hitam dan tebal itu menunjukan bahwa kita mengidap 
acanthrosis nigricans (AN), seperti yang dikutip sedikit diatas bahwa dengan kita sering beraktifitas pada tengah terik matahari juga bisa menyebabkan kulit leher berwarna hitam dan menjadi agak tebal.


0 Response to "KULIT LEHER HITAM DAN TEBAL BISA JADI TANDA PENYAKIT SERIUS"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel